Talenta Pro Patria et Humanitate

 INA |  ENG

Jl. Pawiyatan Luhur IV/1
Bendan Dhuwur
Semarang 50234
Telp. 024-8441555 (hunting)
Fax. 024-8415429, 8445265
e-mail: humas@unika.ac.id
www.unika.ac.id
PTMB MEMBANGUN PRIBADI UNIK DAN KEPEKAAN GLOBAL

Bendan, (13/8) Unika Soegijapranata selama tiga hari menyelenggarakan Pembekalan Terpadu Mahasiswa Baru tahun akademik 2012/2013, diawali dengan upacara pembukaan PTMB bertempat di lapangan basket kampus setempat. Sebanyak 1.650 mahasiswa baru yang berasal dari 14 program, diploma tiga dan strata satu menyatu dalam gegap gempita dalam balutan  nuansa batik.

Rektor Unika Soegijapranata, Prof. Dr. Ir. Budi Widianarko, MSc menyampaikan sambutannya dihadapan mahasiswa dan para pejabat di lingkungan Unika Soegijapranata yang mendampinginnya pada upacara tersebut, dengan ungkapan terima kasih  dan selamat datang kepada mahasiswa baru untuk bergabung ke dalam komunitas akademik. Bertumpu pada spirit Mgr. Albertus Soegijapranata, SJ momentum PTMB kali ini sungguh istimewa karena hadir bersamaan dengan film Soegija, selain itu juga semesta berperan untuk turut serta mendukungnya.

Pada waktu yang sama tema karya tahun ini 2012/2013 Unika Soegijapranata menetapkan “Sekolah Hati Pijari Negeri”,  sebuah ungkapan berupa kalimat yang sarat dengan makna inspirasi dari  pemikiran Mgr. Albertus Soegijapranata, SJ yang tertuang dalam berbagai hal. Tentu saja ini sebuah refleksi batin yang mendalam. Mgr. Albertus Soegijapranata, SJ tak pernah lepas dari pemaknaan kemanusiaan. Dari berbagai referensi Mgr. Albertus Soegijapranata, SJ sikap dan sifat beliau adalah “Satu hati, satu janji dan satu perbuatan untuk turut serta dalam karya keselamatan” seluruh hidupnya untuk menjadikan manusia Indonesia utuh, melalui perjuangan dan pelayanan.

Menjadi bagian dari acara penerimaan mahasiswa baru tahun akademik 2012/2013 Rektor, berkenan untuk menyematkan Pin Unika Soegijapranata kepada 12 perwakilan mahasiswa yang mewakili wilayah asal di Indonesia, ujung barat Kepulauan Riau sampai Papua. Selain itu tercatat ada dua mahasiswa dari Timur Leste yang menempuh studi di Unika Soegijapranata. Sebagaimana tampak di foto Rektor sedang menyematkan Pin Unika kepada perwakilan mahasiswa dari Propinsi Kalimantan Barat - asal SMA St. Yohanes atas nama Windy Carisa - nim 12.80.0038 Fakultas Sastra Inggris.

Tentu saja, mewujudkan kepekaan global bagi sivitas akademika Unika Soegijapranata tidaklah mudah. Upaya yang dilakukan Unika Soegijapranata adalah membuka diri pada siapapun untuk saling berinteraksi dan bersinergi dalam budaya akademik.  Wujud dari sikap tersebut, Rektor Unika menyampaikan informasi bahwa pada bulan September 2012 mendatang akan bergabung sebanyak 16 mahasiswa asing penerima beasaiswa yang berasal dari Asia dan Eropa. (juang saksono)

    Sintak | Mail Unika | Library | Guest Book | Privacy Policy Powered by: BMSI