Talenta Pro Patria et Humanitate

 INA |  ENG

Jl. Pawiyatan Luhur IV/1
Bendan Dhuwur
Semarang 50234
Telp. 024-8441555 (hunting)
Fax. 024-8415429, 8445265
e-mail: humas@unika.ac.id
www.unika.ac.id
ZIARAH LELUHUR UNIKA SOEGIJAPRANATA

Bendan, Jumat (3/8) Menggali jejak panjang Unika Soegijapranata dapat diawali dengan bertanya pada diri sendiri sebagai sivitas akademika, mulai dari manakah aku mengikutinya?.  Rangkaian Peringatan Dies Natalis ke 30 Unika Soegijapranata salah satunya adalah Ziarah di makam para leluhur mantan Rektor dan sesepuh yang telah berpulang ke Rumah Bapa.  Sebanyak sembilan puluh tujuh orang yang terdiri dari para pejabat rektorat, dosen dan tenaga kependidikan ambil bagian pada acara ziarah kali ini. Dengan menggunakan dua buah bus, rombongan menuju pemakaman Trunojoyo Banyumanik untuk mengunjungi Makam Brigjen (Purn) dr. A. Soerojo dan istri, Drs. ML. Oetomo dan Istri serta makam Drs. Alex Emyll, MSP, beliau adalah para tokoh yang telah mendasari berdirinya pendidikan tinggi Unika Soegijapranata.

Brigjen (Purn) dr. A. Soerojo, lahir di Purwokerto 23 September 1915, lulus dokter tahun 1945, masuk militer Agustus 1945, pada tahun 1964 menjabat Kepala Rumah Sakit Tentara dan pada tahun yang sama sampai dengan 1966 Kuasa Rektor Unika Indonesia Atmajaya Cabang Semarang, selain itu berbagai jabatan antara lain sebagai Koordinator Kopertis Wilayah VI Jateng, Ketua Yayasan Sandjojo, Rektor ITKS dan Rektor Pertama  Unika Soegijapranata tahun 1982-1986. Jabatan terakhir beliau di lingkungan Unika Soegijapranata sebagai Ketua Dewan Penyantun pada tahun 1990-1994, wafat pada tanggal 16 November 1996.

Drs. ML. Oetomo, lahir di Tegal 18 November 1934 lulus S1 Fakultas Psikologi UGM tahun 1966, Spesialis Klinis RJKS Universiteet Leiden tahun 1969, bergabung dengan Fakultas Psikologi Unika Soegijapranata tahun 1985 – 2004. Tugas dan jabatan yang diemban di lingkungan Unika Soegijapranata Dekan Fakultas Psikologi, PR.I, Kepala LPSDM dan seijin Rektor menjabat Dekan Fakultas Psikologi Unika Widya Mandala. Pensiun 1 Oktober 2004 tetapi masih diperbantukan mengajar di Fakultas Psikologi Unika Soegijapranata. Wafat pada hari Rabu 4 November 2009 genap berusia 75 tahun.

Drs. Alex Emyll, MSP, lahir di Flores 19 September 1946, sejak SD sampai SMA diselesaikan di Flores dan Pendidikan tinggi di FE Unika Atma Jaya Yogyakarta, FE UKSW Salatiga dan Pascasarjana lulus Magister Ilmu Perencanaan Wilayah & Kota dari ITB tahun 1987. Bergabung dengan Fakultas Ekonomi Unika Soegijapranata sejak 1 Juli 1988. Berbagai jabatan dan tugas struktural yang pernah di emban antara lain Ketua P4M, Dekan Fakultas Ekonomi dan meninggal 23 Januari 2008.

Pada saat rombongan ziarah di Makam para leluhur Unika tersebut berkenan hadir putri Brigjen (Purn) dr. A. Soerojo, Prof. Dr. Julianti Soerojo yang bergabung dalam ungkapan doa atas peran dan jasa beliau semasa bertugas. Berkenan untuk memberikan kesan dan berbagi pengalaman di makam adalah dosen senior Ir. Etty Endang Listiati, MT.

Ir. Etty Endang Listiati, MT menyampaikan bahwa kepemimpinan Pak Royo menurutnya sangat berkesan, sebagai seorang muslim yang bekerja di Unika Soegijapranata pada saat itu tidak dirasakan adanya pembedaan dalam perlakuan. Beliau yang mantan tentara sangat disiplin, pernah ia mendapat teguran dan peringatan karena tidak mengikuti upacara pagi setiap senin, padahal saat itu bu Etty sedang mengandung delapan bulan anak pertama.

Ungkapan terima kasih juga disampaikan oleh Prof. Dr. Julianti Soerojo atas perhatian dan rasa hormat yang diberikan oleh Unika Soegijapranata melalui Ziarah Leluhur Unika, semoga di usia yang ke 30 kali ini Unika semakin maju dan berkembang untuk melayani masyarakat, imbuhnya.

Usai menjalani tahap pertama peziarahan leluhur Unika, rombongan meluncur ke Girisonta, untuk mengenang dan atas jasa dan peran Romo Van Deise, SJ  yang telah berkarya sebagai Rektor Institut Teknologi Katolik Semarang (ITKS) embrio berdirinya Unika Soegijapranata. Romo Van Deise, SJ  yang dimakamkan di kompleks Taman Getsmani Girisonta Klepu, Kabupaten Semarang memiliki nama baptis Hendricus Costant yang diabadikan sebagai nama gedung di Kampus Unika.

Saat mengenang dan usai berdoa di area pemakaman tersebut berkenan untuk memberikan kesan dan berbagi pengalaman bergaul mereka adalah ibu Ir. Tri Hesti dosen Arsitektur dan bapak Benny Danang Setianto, SH. LLM, menurut mereka yang saat itu sebagai kepala sekolah Loyola, selalu berdoa rosario sambil berjalan mengelilingi sekolah.

Rombongan ziarah menuju Muntilan untuk menelusur jejak Romo Sandjojo, yang lahir di Sedan Muntilan 20 Mei 1914, nama Romo Richardus Kardis Sandjojo, Pr yang diabadikan nama baptisnya menjadi nama gedung Unika Soegijapranata di Jalan Menteri Supeno no. 35 merupakan gedung yang ada di pusat kota dan digunakan untuk aktivitas CLT. Sedangkan nama asli beliau digunakan sebagai nama Yayasan Sandjojo yang menaungi Unika Soegijapranata. Beliau Romo Sandjojo menyelesaikan pendidikan Seminari Menengah Mertoyudan di Muntilan pada tahun 1933, kemudian melanjutkan pendidikan seminari tinggi St. Paulus Kentungan Yogyakarta pada tahun 1937. Penahbisan sebagai imam Sub Diakon, 30 Agustus 1942, Diakon 22 Desember 1942 dan Imamat 13 Januari 1943. Jabatan terakhir beliau adalah Prefek Seminari Menengah Mertoyudan Muntilan dan wafat pada tanggal 20 Desember 1948 dimakamkan di pemakaman Muntilan satu Komplek dengan makam Romo Van Liht.

Peziarahan terakhir yang akan dituju adalah makam Rektor ke dua Unika Soegijapranata periode 1 November 1984 – 31 Oktober 1989, yaitu beliau Romo Dr. Johanes Chrysostomus Purwawidyana, Pr yang lahir pada tanggal 17 Juli 1936 di Srikayang Yogyakarta. Riwayat pendidikan Romo Pur, Seminari Menengah 1954-1959 dan Seminari Tinggi 1959-1966 ditahbiskan sebagai imam di Gereja St. Ignatius Magelang pada tanggal 2 Juli 1966.

Semasa menjabat Rektor Unika Soegijapranata, beliau sangat dekat dengan dosen dan karyawan Unika, berpenampilan rapi serta murah senyum; Pada saat rombongan melakukan doa yang dipimpin oleh Romo Dr. Materius Kristiyanto, Pr. Terasa ada kekuatan dan semangat baru untuk tetap tekun dan setia memelihara serta bertumbuh pohon pendidikan Unika Soegijapranata sebagaimana para leluhur menorehkan cinta dan makna sampai menghadap Bapa di surga.  (juang saksono)

    Sintak | Mail Unika | Library | Guest Book | Privacy Policy Powered by: BMSI