Talenta Pro Patria et Humanitate

 INA |  ENG

Jl. Pawiyatan Luhur IV/1
Bendan Dhuwur
Semarang 50234
Telp. 024-8441555 (hunting)
Fax. 024-8415429, 8445265
e-mail: humas@unika.ac.id
www.unika.ac.id
RATIH, PUSTAKAWAN UNIKA BERJAYA DI TINGKAT NASIONAL

Bendan Duwur (17/7), Unika Soegijapranata telah membuktikan dirinya diantara perguruan tinggi swasta tingkat nasional pada lomba Pustakawan berprestasi. Rikarda Ratih Saptaastuti, S.Sos berhasil menyabet juara III untuk kategori Pustakawan berprestasi, pada acara Pemilihan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (Diktendik) Berprestasi Tingkat Nasional Tahun 2012, yang berlangsung di Hotel Inna Garuda Yogyakarta, Jumat (13-16/07), yang diselenggarakan oleh Dikti. Pada lomba kali ini menampilkan 90 orang finalis yang dinyatakan lulus tahap desk evaluation dan terbagi enam katagori (dosen, ketua program studi, pustakawan, tenaga administrasi akademik, tenaga pengelola keuangan, dan laboran). Untuk masing-masing kategori terdiri dari 15 orang finalis. Dan berdasarkan seleksi calon peserta yang mengajukan berkas untuk tahap desk evaluation sebanyak 261 orang. 

Ratih berbekal materi presentasi berjudul : Kompetensi Pustakawan Sebagai Mitra Belajar di Era Informasi digital”, Ratih sanggup menyisihkan lima belas peserta yang mewakili PTN/PTS yang datang dari penjuru Indonesiauntuk masuk dalam kategori tiga besar. Ia Piawai dihadapan juri (UGM,UI, USU, PETRA, UII, UNPAD) yang mengujinya. Dalam paparannya ia menitik beratkan pada kemampuan Pustakawan untuk menjadi mitra belajar bagi pemustaka, oleh sebab itu tidak mudah bagi Pustakawan yang peduli pada dua sisi, sisi yang satu memahami kebutuhan pemustaka di sisi yang lain pustakawan meningkatkan kemampuannya dalam proses sebagai mitra belajar, dengan kata lain bahwa lomba kali ini merupakan sarana uji kompetensi pustakawan ke arah profesional dan menepis paradigma bahwa pustakawan bukan saja pelaksana teknis tetapi punya kemampuan untuk menjadi mitra belajar yang proaktif. Selain itu kemampuan untuk mensosialisasikan bahan pustaka yang dibutuhkan oleh pemustaka baik yang konfensional maupun digital hukumnya wajib dikuasai. Hal ini sangat ditekankan karena ini, adalah sebuah tantangan yang harus ditaklukkan. Nah, metode ini yang mengambil hati juri sehingga ia dapat menyandang Juara III, kilahnya.

Ratih merasa bahwa ia lah satu-satunya yang mewakili perguruan tinggi swasta. Baginya tidak ada yang mustahil jika kita berupaya untuk menjadi yang terbaik. Pengalaman mengikuti lomba dimaksud sangat luar biasa baginya selain dapat bertemu dengan pustakawan se-Indonesia juga dapat membangun jejaring dan bertukar pengalaman serta diskusi yang dapat memberikan penguatan pribadi pada dirinya untuk urusan pengembangan keilmuan kepustakaan.

Dukungan penuh dari Unika Soegijapranata serta dari Kopertis Wilayah VI walaupun hanya melalui pesan singkat via telephone seluler  menjadi bagian dari penguatan pribadi, terlebih bagi Unika Soegijapranata ini untuk yang keduakalinya perolehan juara pustakawan nasional, karena pada tahun 1994 Unika Soegijapranata peraih juara II pustakawan tingkat nasional atas nama FA. Wiranto,SH.SIP.

Kesempatan hadir untuk menyaksikan upacara Hari Kemerdekaan tanggal 17 Agustus 2012 dan bertemu dengan Presiden di Istana Negara sudah dijanjikan kelak oleh Dikti. Ini akan memberikan pengalaman pribadi dan kebanggaan Sivitas Akademika Unika Soegijapranata juga menjadi bagian penguatan dan kepercayaan pada masyarakat yang menjalani pendidikan dan akan bergabung dengan Unika Soegijapranata bahwa “Kami Berprestasi”. Tentu saja prestasi ini tidak dapat dirasakan selain peraih juara pada lomba dimaksud (juang saksono).

    Sintak | Mail Unika | Library | Guest Book | Privacy Policy Powered by: BMSI