Talenta Pro Patria et Humanitate

 INA |  ENG

Jl. Pawiyatan Luhur IV/1
Bendan Dhuwur
Semarang 50234
Telp. 024-8441555 (hunting)
Fax. 024-8415429, 8445265
e-mail: humas@unika.ac.id
www.unika.ac.id
PELATIHAN PENGEMBANGAN KEPRIBADIAN MAHASISWA

Pernahkah terpikir oleh anda untuk mengenali siapa diriku? Pertanyaan tersebut harapannya pernah terlintas di pikiran kita. Setiap orang seharusnya diwajibkan untuk mengenal pribadinya masing-masing. Oleh karena itu, unika soegijapranata menelurkan suatu program yang bernama ppkm (pelatihan pengembangan kepribadian mahasiswa), di mana pelatihan ini bertujuan untuk memfasilitasi mahasiswa baru dalam lebih mengenal dan mengembangkan kepribadiannya.
Program Pengembangan Kepribadian adalah suatu program berkelanjutan dan komprehensif untuk menyiapkan mahasiswa menjadi unggul, khususnya dalam aspek personal character. Program ini adalah implementasi dari visi universitas, yaitu “Striving for Execellence” yang dikelola oleh bidang kemahasiswaan. Sebagai cetak biru, maka bidang kemahasiswaan menyusun pola dan pedoman pendampingan kemahasiswaan, yang salah satu domainnya adalah pendampingan dan pengembangan kepribadian mahasiswa sebagai bentuk keunggulan Unika Soegijapranata. Adapun program yang disusun adalah sebagai berikut:

Tahap Fase Program Tujuan Pengembangan
I (semester I-II) Orientasi Awakening The Giant Within (ATGW)
  1. Awareness Potensi DiriMenemukan nilai-nilai hidup
  2. Personal Goal Setting
Soegijapranata Advanced Leadership Training (SALT)
  1. Smart Mind-Scientfic Training
  2. Smart Emotion-Social Care Training
II (semester III-IV) Pengembangan Eight habits & Latihan Kepemimpinan Tingkat Dasar (LKTD)
  1. Pengembangan pribadi efektif
  2. Basic leadership (bagaimana berorganisasi)
III (semester V-VI) Pengembangan Latihan Kepemimpinan tingkat lanjut
  1. Bagaimana memimpin sebuah organisasi
IV (semester VII-VIII) Pendewasaan Executive Career & Entrepreunerships
  1. Strategi perencanaan & penetapan karir
  2. Kewirausahaan

Selanjutnya akan dibahas lebih detail lagi mengenai ATGW dan SALT yang merupakan akar dan cikal bakal bagi mahasiswa baru untuk lebih mengenal dan mengembangkan pribadinya menjadi pembaharu-pembaharu dunia yang unggul.

AWAKEN THE GIANT WITHIN (ATGW)

Latar belakang diadakannya program ini (semenjak tahun 2005) karena mahasiswa baru seringkali kurang menyadari potensi dirinya yang begitu besar dan seringkali disia-siakan selama studi di universitas. Sebagian besar mahasiswa tidak memiliki perencanaan hidup yang jelas, mudah menyerah ketika menemui hambatan, tidak memaksimalkan potensi diri yang dimilikinya untuk mengembangkan pribadi selama kuliah. Oleh karena itu, dengan adanya ATGW diharapkan mahasiswa baru dapat menyusun dan mewujudkan tujuan hidupnya (GOAL SETTING).

Fasilitator ATGW terdiri atas Trainer (dosen yang diseleksi dari berbagai fakultas) dan Co- Trainer terdiri atas 40 mahasiswa yang diseleksi dari berbagai fakultas yang bertugas sebagai pendamping. Kegiatan ini dilaksanakan di universitas selama 2 hari dengan metode visualisasi, diskusi, dilanjutkan proses pendampingan oleh co-trainer selama lebih kurang 3 bulan. ATGW ini telah bertahan sampai sekarang dan akan terus tetap dilaksanakan dengan beberapa perubahan metode setiap tahunnya yang disesuaikan dengan situasi dan kondisi yang ada di lapangan.

SOEGIJAPRANATA ADVANCED LEADERSHIP TRAINING (SALT)

Latar belakang diadakannya program ini adalah sebagai tindak lanjut (follow up) dari ATGW tahun 2009. SALT ini baru diadakan pertama kali pada Oktober – November 2009 dengan tujuan membentuk pribadi (mahasiswa yang telah mengikuti ATGW) yang memiliki pemikiran, penalaran, emosi, dan jiwa sosial “SMART” yang dapat memimpin dirinya dan orang lain. Oleh karena itu, dengan adanya SALT diharapakan akan lahir calon-calon pemimpin organisasi mahasiswa atau organisasi apapun dan calon-calon pemikir untuk program kreativitas mahasiswa atau penelitian apapun sehingga visi Unika Soegijapranata (Striving for Execellence) dapat terwujud.
Fasilitator SALT terdiri atas Trainer (dosen yang diseleksi dari berbagai fakultas) dan beberapa Co- Trainer yang diseleksi dari berbagai fakultas yang bertugas sebagai pendamping. Kegiatan ini dilaksanakan selama 3 hari, yang diawali dengan 2 pelatihan terlebih dahulu. Pelatihan pertama adalah Smart Mind – Scientfic Training yang diikuti oleh 60 mahasiswa dan yang kedua adalah Smart Emotion – Social Care Training dengan jumlah 60 mahasiswa juga. Selanjutnya, barulah tersaring 40 mahasiswa untuk mengikuti SALT di luar Universitas (Bandungan).

    Sintak | Mail Unika | Library | Guest Book | Privacy Policy Powered by: BMSI