Talenta Pro Patria et Humanitate

 INA |  ENG

Jl. Pawiyatan Luhur IV/1
Bendan Dhuwur
Semarang 50234
Telp. 024-8441555 (hunting)
Fax. 024-8415429, 8445265
e-mail: humas@unika.ac.id
www.unika.ac.id
Lomba

HASIL JUARA LOMBA
Kompetisi Bayer Young Environmental Envoy 2009

Pada tahun 2009 ini diadakan serangkaian acara pemilihan Duta Muda Lingkungan oleh PT. Bayer Indonesia, yang dimulai dengan pengumpulan proposal di bulan Mei. Dari 98 proposal proyek kegiatan yang bertema lingkungan dari seluruh Indonesia, tersaring 30 semifinalis yang akan mempresentasikan proyeknya di depan dewan juri. Dari 30 semifinalis tersebut, terpilih 12 besar finalis yang layak menyandang predikat sebagai Bayer Young Environmental Envoy 2009.
Ivannela Kartika Irwani, mahasiswa Fakultas Teknologi Pertanian angkatan 2006 merupakan wakil UNIKA Soegijapranata yang menjadi finalis Duta Muda Lingkungan Bayer tersebut. Proposal yang diajukan berjudul Food Miles Campaign : Save the Environment and Let’s Breath Easily. Focus dari proposalnya adalah memperkenalkan tepung MOCAL sebagai substitusi bahkan pengganti tepung gandum dalam produksi bakery. Diharapkan dengan menurunkan penggunaan tepung gandum, CO2 yang dilepaskan akibat transportasi bahan baku gandum dari USA dan Australia bisa berkurang.
 
Lomba Debat Ilmiah

Tanggal 15 Oktober 2009 yang lalu, tiga mahasiswa mewakili Unika Soegijapranata dalam Lomba Debat Ilmiah se-Jawa ”Kontroversi Undang-undang BHP” yang diselenggarakan oleh Universitas Diponegoro dalam rangka Dies Natalis yang ke-25. Tim debat Unika terdiri dari Yuliana (F. Hukum ’06), Ariehta Eleison (F. Hukum ’06), dan Defri Sulistiyanto ( Manajemen’06). Lomba debat ini diikuti oleh 11 Perguruan Tinggi Negeri maupun Swasta se-Jawa yaitu Unika Soegijapranata, Undip, Untag, Udinus, UMS, Unissula, Unibraw, Unair, UNS, Unsoed Purwokerto, dan UI. Adapun materi penilaian terdiri dari substansi dari debat seputar kontoversi UU Badan Hukum Pendidikan (UU BHP), manajemen waktu dari masing-masing penyajian dan sanggahan atau jawaban dari peserta, dan public speaking. Yuliana, Ariehta, dan Defri berhasil mengharumkan nama Unika Soegijapranata melalui peringkat ke III. Juara II diraih oleh Universitas Indonesia (UI), dan Juara I diraih oleh Universitas Airlangga (Unair). Sedangkan peringkat Harapan I diraih oleh Undip.
 
Kompetisi Basket antar Universitas se-Semarang

Kompetisi basket ini diadakan oleh dinas pemuda dan olah raga (DISPORA) pada tanggal 23 – 25 Oktober 2009 di GOR Sahabat Semarang. Tim basket putra berhasil menggondol juara I setelah mengalahkan tim basket Udinus pada partai puncak. Sedangkan tim basket putri berhasil meraih juara IV. Untuk itu, tim basket putra berhak mendapatkan penghargaan berupa piala dan uang senilai Rp 2.500.000,00.
Untuk selanjutnya, tim basket putra Unika Soegijapranata akan mengikuti LIBAMA (Liga Basket Mahasiswa) pada tanggal 9 – 14 November 2009 di GOR UMS (Solo).

    Sintak | Mail Unika | Library | Guest Book | Privacy Policy Powered by: BMSI