Talenta Pro Patria et Humanitate

 INA |  ENG

Jl. Pawiyatan Luhur IV/1
Bendan Dhuwur
Semarang 50234
Telp. 024-8441555 (hunting)
Fax. 024-8415429, 8445265
e-mail: humas@unika.ac.id
www.unika.ac.id
UMUM

Program Studi Teknologi Pangan di bawah naungan Fakultas Teknologi Pertanian didirikan tahun 1995 dan telah mendapatkan status terakreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional (BAN). Program studi Teknologi Pangan bertujuan mendukung program pengembangan sektor agroindustri dalam mencukupi kebutuhan pangan, tanpa mengabaikan kelestarian sumber pangan. Industri pangan termasuk sektor yang berkembang pesat dan memiliki kontribusi penting dalam perekonomian Indonesia. Terbukti semasa krisis ekonomi, sektor agroindustri di Indonesia tetap mampu bertahan bahkan bisa berkembang. Program studi Teknologi Pangan bertujuan mendidik dan membekali calon sarjana dengan ilmu pengetahuan dan teknologi pemanfaatan maupun pengolahan sumber pangan, termasuk bagaimana menjamin keamanannya. Lulusan program ini diharapkan dapat berperan sebagai tenaga profesional di bidang pengolahan pangan dan berkontribusi positif dalam pertumbuhan pangan.

Visi

  • Menciptakan komunitas akademik yang kritis, manusiawi, serta sebagai salah satu pelopor dalam memecahkan permasalahan pangan yang dihadapi secara actual oleh masyarakat melalui pendekatan sistematik. Visi diwujudkan dalam interaksi aktif dosen dan mahasiswa, dalam usaha meningkatkan terus menerus penguasaan ilmu para mahasiswa sehingga budaya saling tinggi dan inovatif di pasar kerja bidang pangan yang semakin menuntut pemahaman sistematik.

Misi

  • Mengembangkan kajian "Sistem Pangan Berkelanjutan" (Sustainable Food System) melalui program pendidikan pengajaran, penelitian, dan pengabdian masyarakat.
  • Menyiapkan tenaga professional di bidang pangan yang memiliki ketrampilan kepemimpinan komunikasi, dan kerjasama dalam kelompok.
  • Menyelenggarakan proses belajar mengajar yang tertib, disiplin, dan aktif dalam semangat cinta kebenaran, terbuka, serta peduli terhadap lingkungan dan masyarakat tersisih.
  • Membangun iklim kampus yang mendorong mahasiswa berkembang menjadi probadi yang percaya diri, jujur, kreatif, dan bertanggung jawab.

Jurusan Teknologi Pangan, FTP Unika Soegijapranata mendidik mahasiswa menjadi sarjana yang mampu menjadi tenaga professional di bidang pangan. Sarjana Teknologi Pangan lulusan Unika dapat mengamalkan ilmunya di berbagai jenis industri pangan, jasa boga, instansi pemerintah, lembaga-lembaga non pemerintah, maupun berwirausaha di bidang pengolahan pangan, dengan kualifikasi sebagai berikut: 

  • Mahasiswa memiliki pemahaman sistematik tentang permasalahan pangan.
  • Mahasiswa memiliki ketrampila kepemimpinan, komunikasi, dan kerjasama tim
  • Mahasiswa memiliki wawasan terbuka terhadap perubahan dan kemajuan ilmu serta teknologi dan masalah-masalah di bidang pangan.
  • Mahasiswa mampu menganalisis dan mensintesa permasalahan sehingga dapat berpartisipasi aktif dalam penanganan masalah bidang pangan.
  • Mahasiswa memiliki bekal cukup untuk melanjutkan studi pada jenjang yang lebih tinggi.

Prospek Lulusan

Lulusan program studi ini dapat bekerja di industri pangan, instansi maupun di bidang pendidikan sebagai akademisi dan peneliti. Tidak tertutup kemungkinan pula bagi lulusan untuk mengembangkan diri sebagai wirausaha di bidang pangan.

Alumni

Alumni FTP sebagian besar telah bekerja di industri pangan yang tersebar di berbagai daerah seperti PT Orang Tua Group, PT Sido Muncul, PT Nutrifood, PT Kinosentra Indonesia, PT ISM Bogasari Flour Mills Tbk, PT Nyonya Meneer, ADA dan Matahari Swalayan, PT Ulam Tiba Halim, PT Nissin Biskuit, PT IFF Indonesia, PT Arnotts Indonesia, PT Cadbury Indonesia dll. Sebagian alumni yang lain bekerja sebagai wirausahawan dan bidang akademisi.

Struktur Organisasi

Dekan : Ita Sulistyawati, S.TP, M.SC
Wakil Dekan I : Dr. Dra. Rika Pratiwi, M.Si.
Wakil Dekan II : Inneke Hantoro, S.TP., M.Sc.
Wakil Dekan III : Kartika Puspa Dwiana, S.TP
    Sintak | Mail Unika | Library | Guest Book | Privacy Policy Powered by: BMSI