Talenta Pro Patria et Humanitate

 INA |  ENG

Jl. Pawiyatan Luhur IV/1
Bendan Dhuwur
Semarang 50234
Telp. 024-8441555 (hunting)
Fax. 024-8415429, 8445265
e-mail: humas@unika.ac.id
www.unika.ac.id
UMUM

Berdiri (1982)

Universitas Katolik Soegijapranata sebagai perkembangan dari Institut Teknologi Katolik Semarang yang merupakan kelanjutan dari Universitas Katolik Atma Jaya Semarang membuka Fakultas Hukum pada tanggal 5 Agustus 1982 berdasarkan Surat Keputusan Yayasan Sandjojo Nomor :175/YS/SK/VII/1981. Mendapat status "Terdaftar" dengan Surat Keputusan Koordinator Kopertis Wilayah VI Jawa Tengah Nomor: 659/K/22/Kop/1982. dan dikuatkan dengan SK Mendikbud No.: 0401/0/1993 tanggal 24 September 1983.

Status Diakui (1989)

Fakultas Hukum mendapat status "Diakui" berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor : 0824/0/1989 tanggal 16 Desember 1989.

Status Dusamakan (1993)

Dalam usia 13 tahun, Fakultas Hukum Unika Soegijapranta mendapat status "Disamakan" berdasarkan Surat Keputusan Direktur Jendral Direktorat Jendral Perguruan Tinggi Nomor: 41/Dikti/KEP/1993 tanggal 29 Januari 1993.

Berakreditasi "B" (1998)

Fakultas Hukum Unika Soegijapranta mendapat status BERAKREDITASI "B" berdasarkan SK BAN Perguruan Tinggi Depdikbud No. 001/BAN-PT/AK-1/VIII/1998.

Berakreditasi "A" (2003)

Pengembangan dan peningkatan pelaksanaan seluruh unsur Tri Dharma Perguruan Tinggi yang didukung oleh sumber daya manusia berkualitas dan sarana prasarana memadai telah membuahkan hasil yang menggembirakan, ternyata dalam reakreditasi tahun 2003 Fakultas Hukum Unika Soegijapranta dapat meningkatkan akreditiasinya dari BERKREDITASI "B" menjadi BERAKREDITASI "A" berdasarkan Surat Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruang Tinggi (BAN PT) No. 015/BAN-PT/Ak-VIII/S1/VII/2003 tanggal 18 Juli 2003.

Visi, Misi dan Tujuan

Dengan menderivasi visi dan misi Universitas, Fakultas Hukum Unika Soegijapranata visi dan misinya sebagai berikut.

Visi : menjadi komunitas pembelajar untuk memanusiawikan hukum dan kekuasaan demi tercpainya keadilan, kebenaran, kebebasan, keterbukaan, kejujuran dan persaudaraan.

Misi : Mendorong proses pemahaman, pengembangan dan penerapan hukum yang menjunjung tinggi nilai-nilai keadilan, kebenaran, kebebasan, keterbukaan, kejujuran dan persaudaraan

Program Studi Ilmu Hukum pada Pendidikan Program Sarjana Strata 1 (S1) Fakultas Hukum Unika Soegijapranta bertujuan menyiapkan peserta didik menjadi sarjana hukum yang :

  1. Bermoral baik, jujur, disiplin, cinta akan kebenaran dan keadilan, serta memiliki semangat cinta kasih.
  2. Menguasai hukum nasional dan mengenal hukum asing
  3. Menguasai dasar ilmiah dan kemahiran kerja untuk mengembangkan hukum dan ilmu hukum.
  4. Mengenal dan peka terhadap masalah keadilan dan masalah kemasyarakatan.
  5. Mampu menganalisis masalah hukum dalam masyarakat
  6. Mampu menggunakan hukum sebagai sarana untuk memecahkan masalah kemasyarakatan dengan bijaksana dan berdasarkan atas prinsip hukum.

Dengan kualifikasi tersebut lulusan Fakultas Hukum Unika Soegijapranata mampu mengkuti dan menyesuaikan perkembangan global, memiliki kemampuan memecahkan masalah-masalah hukum (the power of solving legal problems) yang terus berkembang, serta memiliki bekal cukup untuk melanjutkan studi pada jenjang yang lebih tinggi.

Fasilitas Pendidikan

Sejak awal berlakunya Kurikulum Nasional 1994, Fakultas Hukum Unika Soegijapranta telah menyiapkan dan mengembangkan Laboratorium Hukum. Dalam kurikulum tersebut ditegaskan bahwa setiap Fakultas Hukum wajib memiliki Laboratorium Hukum sebagai tempat untuk menyelenggarakan pendidikan latihan dan kemahiran hukum. Membangun Laboratorium Hukum memang tidak mudah, di samping memerlukan biaya yang mahal, harus didukung tenaga laboran yang memadai, baik dari akademisi maupun praktisi, dan Fakultas Hukum Unika Soegijapranta memiliki semuanya itu. Oleh karena itu, wajar apabila sejak awal berdiri sampai sekarang Laboratorium Fakultas Hukum Unika Soegijapranata menjadi obyek studi banding dan sebagai mitra kerjasama bagi Fakultas Hukum Perguruan Tinggi Negeri maupun Swasta dalam pembukaan dan pengembangan Laboratorium Hukum.

Fakultas-Fakultas Hukum yang secara resmi telah mengadakan studi banding di Laboratorium Hukum Fakultas Hukum Unika Soegijapranata, antara lain : Fakultas Hukum UNS Surakarta, Fakultas Hukum Universitas Atmajaya Jakarta, Fakultas Hukum Universitas Tarumanegara Jakarta, Fakultas Hukum Universitas Muhamadiyah Malang, Fakultas Hukum Universitas Muhamadiyah Magelang, Program Studi Ilmu Hukum Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Semarang.

Selain itu, dalam pertemuan-pertemuan ilmiah yang diadakan di Fakultas Hukum UNIKA Soegijapranata, tidak sedikit peserta yang menyempatkan diri mengunjungi Laboratorium Hukum Fakultas Hukum Unika Soegijapranata untuk mendapatkan oleh-oleh bagi fakultasnya.

Kenyataan ini menjadi salah satu bukti bahwa Fakultas Hukum Unika Soegijapranata merupakan Fakultas Hukum Swasta yang layak diperhitungkan dalam barisan Fakultas Hukum terkemuka.

Prospek Lulusan/Alumni

Lulusan program studi ini dapat bekerja sebagai hakim, jaksa, personalia pada perusahaan, perbankan, legal officer perusahaan atau instansi pemerintah, perpajakan, politisi, akademisi dan peneliti. Dapat juga berwiraswasta di bidang hukum sebagai advokat atau notaris, setelah menyelesaikan pendidikan sepesialis.

Kerjasama

Kerjasama dengan berbagai pihak telah dijalin oleh Fakultas Hukum Unika Soegijapranata, seperti instansi pemerintah maupun swasta, perguruan tinggi negeri maupun swasta, organisasi profesi, organisasi internasional, dalam bentuk pendidikan dan pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

Jenjang Pendidikan

  1. Program Sarjana Strata 1(S1). Dalam program ini hanya terdapat satu program studi, yaitu Program Studi Ilmu Hukum
  2. Program Pendidikan Profesi Advokat (Pendidikan Spesialis). Jauh sebelum diundangkan UU No. 18 tahun 2003 tentang Advokat, Fakultas Hukum Unika Soegijapranata bekerja sama dengan Ikatan Advokat Indonesia ( Ikadin ) sebagai organisasi profesi advokat tertua dan terbesar di Indonesia telah mempersiapkan pembukaan Program Pendidikan Profesi Advokat. Ternyata dalam UU No.18 tahun 2003 ditentukan bahwa untuk dapat diangkat menjadi advokat harus telah mengikuti pendidikan khusus. Oleh karena itu, Fakultas Hukum Unika Soegijapranata segera menyelenggarakan launching pembukaan Pendidikan Profesi Advokat, dan tampil sebagai Pendidikan formal (bukan kursus) Profesi Advokat yang pertama di Indonesia. Fakultas-fakultas Hukum lainnya saat ini masih sibuk mempersiapkan penyelenggaraan pendidikan semacam ini.Dalam proses pengembangannya, Pendidikan Profesi Advokat Fakultas Hukum Unika Soegijapranata ditingkatkan ke jenjang Magisteer, menjadi Magister Profesi Adfokat.
  3. Program Magister Hukum (S2) dengan konsentrasi Magister Hukum Kesehatan. Program ini dirintis bersama-sama Fakultas Hukum Unika Soegijapranata dengan Perhimpunan Hukum Kesehatan Indonesia (PERHUKI) Cabang Semarang. Magister Hukum Kesehatan Unika Soegijapranata ternyata yang pertama di Indonesia.

STRUKTUR ORGANISASI

Dekan : B. Resti Nurhayati, SH., MHum
Wakil Dekan I : Y. Trihoni Nalesti Dewi, SH., M.Hum
WakilDekan II : L. Eddy Wiwoho, SH., MH
Wakil Dekan III : Dr. Marcella Elwina Simanjutak, SH.CN., M.Hum
    Sintak | Mail Unika | Library | Guest Book | Privacy Policy Powered by: BMSI