Talenta Pro Patria et Humanitate

 INA |  ENG

Jl. Pawiyatan Luhur IV/1
Bendan Dhuwur
Semarang 50234
Telp. 024-8441555 (hunting)
Fax. 024-8415429, 8445265
e-mail: humas@unika.ac.id
www.unika.ac.id
Gerakan Penghijauan Di Lahan Kritis Grobogan

Unika Soegijaparanta, Keuskupan Agung Semarang, dan Pemkab Grobogan  mengadakan penghijauan di lahan kritis di daerah Grobogan tepatnya di desa Penadaran Kecamatan Gubuk Kabupaten Grobogan. Kegiatan ini didukung oleh Keuskupan Agung Semarang yang telah lebih dahulu melakukan kegiatan sosial di sana melalui Lembaga Pendampingan Usaha Buruh Tani dan Nelayan (LPUBTN). Penghijauan ini disambut baik oleh pemerintah daerah Grobogan. Rencananya Hari Jumat tanggal 16 Agustus 2013 Bupati Grobogan Bambang  Pujiono, SH  yang diwakili Asisten 2 Sekda kabupaten Grobogan, Dasuki SH., MH., berkenan hadir dalam acara penghijauan ini.

Kegiatan penghijauan ini merupakan rangkaian dari kegiatan KKN Unika di daerah tersebut. Menurut ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Unika,  Dr. Margaretha Sih Setija Utami, M.Kes, kelak kegiatan penghijauan ini akan ditingkatkan menjadi kegiatan pengabdian dan penelitian bagi segenap civitas akademika Unika. Untuk kegiatan pengabdian masyarakat selain KKN bagi para mahasiswa, LPPM Unika juga akan menerjunkan beberapa tim pengabdian yang beranggotakan dosen yang berkompeten di berbagai bidang yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Untuk kegiatan penelitian LPPM juga akan berencana membentuk tim peneliti  guna melihat berbagai potensi di daerah tersebut. Semua kegiatan ini adalah sebagai embrio Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu pengajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat. Khusus pengajaran direncanakan menggunakan metode service learning. Metode ini merupakan pembelajaran mahasissiwa yang tidak hanya in door class saja tetapi juga menggunakan kegiatan outdoor class, sehingga terjadi kaitan  antara teori dan praktek pengamatan di lapangan. Harapannya juga dapat melihat secara langsung kearifan lokal atau local genius yang selama ini bertahan di dalam kegiatan sehari-hari di masyarakat.

Sementara itu Ketua Pusat Penelitian dan Pemberdayaan Masyarakat Drs. St. Hardiyarso menerangkan  jenis tanaman yang akan ditanam adalah aneka tanaman keras, seperti pohon jati dan pohon mahoni. Selain itu pohon buah-buhan seperti pohon mangga dan jambu juga dibagikan ke masyarakat untuk ditanam di pekarangan masing-masing rumah warga. Untuk penghijauan awal ini akan ditanam sekitar 5000-an bibit tanaman. Jenis pohon ini diharapkan akan cepat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat sekitar. Selain itu lahan kritis dapat diselamatkan, terutama tersedianya air tanah. Di samping itu, tanaman-tanaman buah diharapkan dapat lebih mudah untuk manfaat-manfaat ekonomi yang lain.

Pelaksanaan penanaman bibit pohon, secara simbolis dilakukan oleh Asisten 2 Sekda Grobogan Dasuki, SH.,MH., Rektor Unika Prof. Budi Widianarko, dan Uskup Agung Semarang  Mgr. J. Pujasumarta dengan menanam pohon jati dan pohon mahoni di sekitar Sendang Jati.

Bersamaan dengan kegiatan penghijauan juga dipamerkan hasil-hasil karya pemberdayaan masyarakat dari mahasiswa KKN Unika Soegijapranata dan rancangan batik khas wilayah Penadaran. Pemerintah kabupaten Grobogan tampak antusias dengan program-program KKN dan akan mendukung dan siap bekerja sama mewujudkan keinginan masyarakat Penadaran memiliki produk batik khas wilayah penadaran. 

    Sintak | Mail Unika | Library | Guest Book | Privacy Policy Powered by: BMSI