Talenta Pro Patria et Humanitate

 INA |  ENG

Jl. Pawiyatan Luhur IV/1
Bendan Dhuwur
Semarang 50234
Telp. 024-8441555 (hunting)
Fax. 024-8415429, 8445265
e-mail: humas@unika.ac.id
www.unika.ac.id
Tentang Unika

Unika SOEGIJAPRANATA berdiri tanggal 5 Agustus 1982 sebagai kelanjutan dari Universitas Katolik Atma Jaya Semarang dan Institut Teknologi Katolik Semarang (ITKS).

Di awal berdirinya, Unika SOEGIJAPRANATA yang berlokasi di Jl. Pandanaran 100 Semarang terdiri dari tiga Fakultas yakni Fakultas Teknik, Fakultas Hukum dan Fakultas Ekonomi. Seiring dengan perkembangan Universitas, sejak pertengahan dekade 1990 seluruh aktifitas UNIKA Soegijapra-nata dipusatkan di kampus Bendan Dhuwur.

Hingga saat ini UNIKA Soegijapranata mengelola sebelas Program Studi Sarjana, satu Program Studi Diploma dan sembilan Program Magister.

Kesebelas Program Studi Sarjana meliputi Arsitektur, Teknik Sipil, Manajemen, Akuntansi, Ilmu Hukum, Psi-kologi, Teknik Elektro, Teknologi Pangan, Sastra Inggris, Teknik Informatika dan Disain Komunikasi Visual, satu Program studi diploma Perpajakan.

Program Magister meliputi Program Magister Sains Manajemen dan Magister Manajemen, Program Magister Lingkungan dan Perkotaan (PMLP), Program Magister Hukum dengan konsentrasi Hukum Kesehatan dan Advokat, Program Magister Sains Psikologi dengan konsentrasi Psikologi Perkembangan Sosial dan Pendidikan, Magister Profesi Psikologi, Magister Teknik Arsitektur konsentrasi Arsitektur dan Permukiman serta Magister Teknologi Pangan.

Unika SOEGIJAPRANATA sebagai lembaga pendidikan tinggi mengabdikan nama Soegijapranata sebagai pelindung. Mgr. Alb. Soegijapranata, SJ adalah seorang imam, Uskup Agung pribumi pertama, tokoh dan pahlawan nasional. Soegijapranata lahir di Surakarta, 25 November 1896. Masuk sebagai novis Serikat Yesus di Mariendaal, Grave, Belanda pada tanggal 27 September 1920. Ditabiskan sebagai Imam pada tanggal 15 Agustus 1931 dan pada tanggal 20 September 1940 sebagai Uskup Agung Semarang.
Perjuangan dan perhatian beliau dalam dunia pendidikan merupakan kelanjutan dari sikap gurunya, Romo Frans Van Lith, SJ. Salah satunya adalah perjuangannya dalam mengangkat dua perguruan tinggi Katolik tertua. Universitas Parahyangan Bandung dan IKIP Sanata Dharma Yogyakarta (sekarang Universitas Sanata Dharma) hingga memperoleh status disamakan dengan perguruan tinggi negeri.

Pemihakannya terhadap kaum miskin sederhana (option for the poor) juga dilakukan Mgr. Alb. Soegijapranata, SJ. Melalui pemikiran dan gerakannya, beliau ikut serta mendorong terbentuknya organisasi sosial ekonomi yang memberi perhatian penuh terhadap pemberdayaan korban perang dan masyarakat miskin sederhana. Dan pada masa ini, Unika SOEGIJAPRANATA berkehendak untuk meneruskan semangat perjuangan Mgr. Alb. Soegijapranata, SJ sebagai pelindung universitas.

    Sintak | Mail Unika | Library | Guest Book | Privacy Policy Powered by: BMSI